NU Sulut Punya Kantor Baru, Gubernur Olly Ajak Warga Jaga Persahabatan

Subhan Sabu ยท Minggu, 20 September 2020 - 19:17:00 WITA
NU Sulut Punya Kantor Baru, Gubernur Olly Ajak Warga Jaga Persahabatan
Peresmian Gedung Baru Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara (Subhan Sabu/iNews)

MANADO, iNews.id - Nahdatul Ulama (NU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kini mempunyai kantor baru. Kantor itu terletak di Kelurahan Kampung Islam, Kecamatan Tuminting Kota Manado, Sulut.

"Saat ini NU Sulut telah memilki Kantor yang baru, diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan memaksimalkan tugas yang ada, manfaatkan sebaik-baiknya sarana yang ada bagi kegiatan dan aktifitas keagamaan agar tetap dapat bermanfaat bagi umat, mesjid dan kantor yang baru," kata KH. Abd. Wahab Abd. Gafur, Minggu (20/9/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut, itu menambahkan, perkembangan NU di Sulut dari tahun ke tahun telah mengalami perubahan yang lebih baik. Meski dihadapkan berbagai kendala yang ada, termasuk pembangunan SDM maupun Sarana dan prasarana pendukungnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang berkesempatan hadir mengatakan, Pemda Sulut berharap agar tempat yang baru dapat dimanfaatkan menjadi suatu tempat pertemuan bagi umat dan pengurus NU Sulut. Sehingga, dalam kegiatannya memajukan NU dan kegiatan lainnya yang dimanfaatkan oleh para pengurus NU dan anggotanya.

"Pemerintah sangat berharap Kantor PW NU Provinsi Sulut ini menjadi pusat pengajaran baik konsolidasi dalam rangka bersama-sama dengan pemerintah untuk membangun Provinsi Sulawesi Utara," kata Gubernur Olly.

Peresmian Gedung Baru Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara (Subhan Sabu/iNews)
Peresmian Gedung Baru Nahdlatul Ulama Sulawesi Utara (Subhan Sabu/iNews)

Pemerintah, kata Olly harus berada di tengah-tengah umat dan masyarakat serta menjadi suatu kewajiban bagi pemerintah untuk mendukung organisasi keagamaan termasuk Nahdlatul Ulama. Bukan hanya pada saat suasana Pilkada, tapi sepanjang masa kepemimpinan tetap peduli pada semua kegiatan dan hal lainnya.

"Dalam menjalankan roda organisasi dan pemerintahan banyak bersyukur karena hampir empat tahun lebih memasuki tahun kelima semua berjalan dengan baik karena peran para pemuka dan tokoh agama yang sangat menunjang kegiatan pemerintah," kata dia.

"Sehingga hasilnya pertumbuhan ekonomi kita baik walaupun kembali terkoreksi + 0,6% dimana sedikit jauh dari terkoreksinya Prov. Bali dan DKI Jakarta yang hampir 10%," kata Olly.

Oleh karena itu, Olly mengajak semua pihak untuk membangun Sulut lebih hebat ke depan, berdikari dalam bidang ekonomi dan semua aspek pembangunan dan harus ditopang supaya menjadi lebih baik.

"Marilah kita untuk selalu bersama-sama menjaga persahabatan dan kekerabatan kita ini dalam rangka menjaga hubungan baik dan demi kelangsungan pembangunan di Provinsi Sulut," kata Olly.

Ketua Tanfidziyah PW NU Sulut Ulyas Taha mengatakan, kegiatan-kegiatan belum dapat dilaksanakan secara maksimal karena sedang pandemi Covid-19.

Ulyas menambahkan tentang kepengurusan NU Sulut yang saat ini masih ada hambatan terkait beberapa pihak di NU sendiri yang belum mendukung sepenuhnya program maupun kegiatan yang ada.

"NU Sulut memiliki target kerja setelah terlaksananya peresmian dan pelantikan NU Sulut yaitu sosialisasi kepengurusan serta mengaktifkan dan memberdayakan 16 lembaga yang ada dalam NU demi memaksimalkan pelaksanaan program kerja yang direncanakan," kata Ulyas.

Lebih lanjut Ulyas mengatakan, konferensi NU Cabang Manado masih ada masalah dan belum selesai di mana ketua NU Cabang Manado telah mengajukan pengunduran diri namun demikian diharapkan semua pihak dalam kepengurusan dan anggota NU agar tetap bersatu meskipun ada perbedaan pendapat.

"Ada program dari PW NU yang telah dilaksanakan yaitu kegiatan bakti sosial seperti pemberian bantuan berupa pembagian Sembako kepada masyarakat dan bakti sosial lainnya berupa perbantuan kepada masjid yang terdampak bencana alam baik di wilayah Kota Manado maupun di wilayah lainnya di luar Kota Manado," katanya.

lebih lanjut Ulyas mengatakan, NU Sulut memiliki program melalui Lembaga Kesehatan yang akan mendirikan Klinik NU yang ditujukan untuk dimanfaatkan membantu masyarakat di bidang kesehatan.

"Diharapkan seluruh pengurus dan korrdinator wilayah dapat memaksimalkan pelaksanaan program NU yang ada termasuk minta dukungan dari semua pihak untuk mengawal rencana pembentukan dan pendirian Perguruan Tinggi NU di wilayah Kotamobagu dan Bolaang Mongondow serta Politeknik NU di Gorontalo," kata Ulyas.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto