Pelabuhan Anggrek Diharapkan Serap Banyak Tenaga Kerja Lokal

Antara · Senin, 29 November 2021 - 19:10:00 WITA
Pelabuhan Anggrek Diharapkan Serap Banyak Tenaga Kerja Lokal
Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Pengembangan Pelabuhan Anggrek di Kecamatan Anggrek akan menyerap banyak tenaga kerja khususnya warga lokal. Pemkab Gorontalo Utara diharapkan ikut mendorong penyiapan sumber daya manusia (SDM) lokal berdaya saing.

"SDM lokal yang berkualitas harus disiapkan pemerintah. Ini yang harus kita doing," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Roni Imran di Gorontalo, Minggu (28/11/2021).

Data Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Gorontalo Utara mencatat, angka pengangguran di daerah itu tahun 2020, mencapai 3,8 persen dari 125 ribu jiwa penduduk tersebar di 11 kecamatan.

Angka ini naik dari tahun sebelumnya, 3,2 persen. Untuk skala kabupaten, angka tersebut tergolong besar.

Namun jumlah tenaga kerja yang tidak sedikit diperlukan di Pelabuhan Anggrek, diyakini mampu menyerap angka tersebut dalam upaya mendorong pengentasan kemiskinan.

"Kalau pengangguran sedikit, otomatis angka kemiskinan turun. Kita masih berada di persentase 16 persen untuk angka kemiskinan di daerah ini, sehingga perlu program produktif untuk mengentaskannya lebih cepat" katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: