Pemda di Sulut Sepakat Penurunan Stunting Jadi Prioritas, Target Capai 16,2 Persen

Antara · Senin, 27 Juni 2022 - 13:52:00 WITA
Pemda di Sulut Sepakat Penurunan Stunting Jadi Prioritas, Target Capai 16,2 Persen
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Utara, Jenny Karouw mengatakan, pemerintah kabupaten dan kota sepakat penurunan stunting menjadi prioritas daerah. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Pemerintah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut) sepakat bahwa penurunan stunting menjadi prioritas. Target tahun ini pemerintah provinsi menetapkan capaian penurunan prevalensi angka stunting sebesar 16,2 persen.

"Ada sejumlah kesepakatan yang dibangun dalam rakorev penurunan stunting awal Juni 2022 lalu, salah satunya memastikan upaya penurunan prevalensi stunting menjadi salah satu prioritas pemerintah daerah," sebut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulawesi Utara, Jenny Karouw di Manado, Minggu (26/6/2022).

Penurunan stunting tersebut harus ditangani mulai dari tingkat provinsi, kabupaten dan kota, kecamatan hingga desa, katanya.

Kesepakatan berikutnya adalah melakukan penanganan stunting berdasarkan arahan strategi nasional penurunan stunting melalui delapan aksi konvergensi yang akan dinilai kinerjanya setiap tahun.

Berikutnya, memprioritaskan program dan kegiatan strategis penanganan stunting dalam perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan pembangunan daerah yang bersumber dari APBD, APBN dan dana desa sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

Dalam kesepakatan tersebut juga menyebut membangun kerja sama dengan lembaga, badan usaha, serta nonpemerintah terkait lainnya untuk berkolaborasi dalam penanganan stunting di kabupaten dan kota.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: