Pengurus Muhammadiyah Berikan Bimbingan Manasik Haji di Manado

Antara ยท Kamis, 24 November 2022 - 14:07:00 WITA
Pengurus Muhammadiyah Berikan Bimbingan Manasik Haji di Manado
Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Utara (Sulut) Anwar Sandiah memberikan bimbingan manasik haji kepada calon jemaah haji, di Kota Manado. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Utara (Sulut) Anwar Sandiah memberikan bimbingan manasik haji kepada calon jemaah haji (CJH) di Kota Manado. Sebanyak 50 peserta CJH ikut serta dalam bimbingan manasik.

"Perjalanan ibadah haji tidak sekadar menunaikan rukun haji dari aspek Fiqh," kata Anwar, di Manado, Rabu (23/1/2022).

Lebih dari itu, katanya, jemaah haji harus memaknai rukun Islam yang kelima ini sebagai bagian dari ketakwaan yang dituangkan dalam aspek tauhid.

"Secara hakikat, haji dilaksanakan karena panggilan ketauhidan. Kemudian yang menjalankan secara operasional yaitu tubuh. Maka perlu saya tekankan, tauhid haji ini harus dipandang dari dimensi syariat yang merupakan panggilan Tuhan," kata Anwar Sandiah.

Oleh karena itu, ia mengajak kepada para calon haji agar senantiasa bersyukur. Haji secara hakikat menjalankan visi ketuhanan.

"Jadi, haji ini bukan sekadar seremonial, harus ada visi ketauhidan yakni semua bentuk ibadah, termasuk salat, puasa, zakat, dan lain-lain, mengandung pesan-pesan ketauhidan," katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: