Perluasan Terminal Bandara Sam Ratulangi Manado Tuntas Maret 2021, Pengerjaan Capai 78,8 Persen

Arther Loupatty ยท Rabu, 16 Desember 2020 - 18:39:00 WITA
Perluasan Terminal Bandara Sam Ratulangi Manado Tuntas Maret 2021, Pengerjaan Capai 78,8 Persen
Proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado telah mencapai 78,8 persen.(Foto: Arther Loupatty

MANADO, iNews.id -  Proyek perluasan terminal Bandara Sam Ratulangi Manado yang dikelola PT Angkasa Pura I (AP I) masih terus berlangsung dan akan tuntas Maret 2021. Hingga 13 Desember 2020, progres perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado telah mencapai 78,8 persen.

Project Manager Adhi Karya, Ugik Sugiarta, selaku pelaksana proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado menjelaskan, proyek  yang tengah berjalan ini akan meningkatkan kapasitas bandara menjadi dua kali lipat. Terminal penumpang yang sebelumnya memiliki luas 26.481 meter persegi dengan kapasitas hanya 2,6 juta penumpang per tahun, akan diperluas menjadi 57.296 meter per segi dengan kapasitas 5,7 juta penumpang per tahun.

"Penyelesaian proyek Bandara Sam Ratulangi ini rencananya selesai pada Maret 2021," kata Ugik, Rabu (16/12/2020).

Ugik menjelaskan, pandemi tentu berdampak pada penyelesaian proyek bandara yang akhirnya terpaksa harus dijadwalkan ulang. Pihaknya harus menyesuaikan dan beradaptasi dengan kondisi saat ini dalam setiap pelaksanaan pekerjaan proyek.

"Ini jadi kendala, di samping tentunya kendala teknis seperti adanya keterlambatan untuk mendatangkan material, alat, dan uji material akibat adanya kebijakan pembatasan dari negara asal. Sebab, sebagian besar alat dikirimkan langsung dari luar negeri,” kata Ugik.

Terkait adanya penjadwalan ulang tersebut, General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus ET Gandeguai berharap pekerjaan proyek perluasan Bandara Sam Ratulangi ini dapat tetap berjalan lancar. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Bandara Sam Ratulangi Manado diharapkan dapat segera menyambut para pengguna jasa dengan konsep baru yang lebih modern, namun tetap menonjolkan nuansa daerah dalam ornamen yang ada di bandara.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2