Permintaan Pasar Jepang Tinggi, Petani Bunga Krisan Tomohon Kewalahan 

Antara · Selasa, 19 Oktober 2021 - 07:17:00 WITA
Permintaan Pasar Jepang Tinggi, Petani Bunga Krisan Tomohon Kewalahan 
Wali Kota Tomohon, Caroll JA Senduk. (Foto: Antara/Humas) 

TOMOHON, iNews.id - Produktivitas petani tanaman bunga Krisan di Kota Tomohon belum bisa memenuhi kebutuhan pasar Jepang. Jepang membutuhkan lima miliar bunga Krisan per tahunnya.

"Pemenuhan kebutuhan pasar ekspor bunga Krisan ke berbagai negara terlebih di Jepang masih sangat kecil," ujar Kepala Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi) Muhammad Thamrin di Tomohon, Senin (18/10/2021).

Dia menjelaskan, kebutuhan bunga Krisan seperti negara Jepang sekitar lima miliar per tahunnya, sedangkan Kota Tomohon baru mampu menghasilkan sebanyak lima juta bunga Krisan per tahun sehingga peluang pasarnya sangat besar.

Dia berharap, dengan berbagai strategi yang dilakukan di tahun 2024 Tomohon sudah dapat melakukan ekspor Krisan.

"Tuntutan pasar yang begitu cepat, tidak mustahil secepatnya program ini akan berjalan dengan strategi penting salah satunya kegiatan pada saat ini," katanya.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikulrura Kementerian Pertanian RI bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tomohon menggelar kegiatan Focus Group Discussion Pengembangan Agribisnis Krisan Tomohon Menuju Ekspor.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: