Pjs Gubernur Agus Fatoni Sebut Sulut Punya Banyak Potensi untuk Dikembangkan

Cahya Sumirat ยท Kamis, 12 November 2020 - 11:24:00 WITA
Pjs Gubernur Agus Fatoni Sebut Sulut Punya Banyak Potensi untuk Dikembangkan
Sulut sebagai wilayah kepulauan memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. (foto: SINDOnews/Cahya Sumirat)

MANADO, iNews.id - Sulawesi Utara merupakan satu dari delapan provinsi kepulauan di Indonesia yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Secara geoposisi, letak geografis Sulut berada di bibir pasifik yang sangat prospektif untuk perdagangan regional maupun internasional.

Hal ini disampaikan Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni saat menerima audiensi Tim Kajian Daerah Sekretariat Jendral Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) di Aula Mapalus Kantor Gubernur, Rabu (11/11/2020).

"Sulut berada di wilayah yang merupakan jalur perdagangan dunia dan pusat distribusi barang jasa serta ditunjang dengan potensi sumber daya alam melimpah. Baik di sektor perikanan, kemudian di sektor kelautan energi terbarukan, juga pertanian, perkebunan dan pariwisata,” ujar Fatoni.

Dia menjelaskan, Sulut memiliki 287 pulau, terdiri atas 59 pulau berpenghuni dan 228 pulau belum berpenghuni. Kemudian adan 12 pulau terluar, dengan tujuh di antaranya berada di Kabupaten Sangihe dan lima di Kepulauan Talaud. Kedua pulau terluar di antaranya Miangas dan Marore yang berhadapan langsung dengan Filipina.

“Ada 12 pulau terluar di Sulut yang juga garda terdepan bangsa dan benteng tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Editor : Donald Karouw