Polda Sulut Ungkap Penyelundupan 8 Pucuk Senpi Ilegal, 2 Tersangka Ditangkap

Arther Loupatty · Jumat, 20 Mei 2022 - 13:54:00 WITA
Polda Sulut Ungkap Penyelundupan 8 Pucuk Senpi Ilegal, 2 Tersangka Ditangkap
Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno dan jajaran saat menunjukkan barang bukti senpi ilegal yang diamankan di Minut dan Sangihe. (Foto: iNews/Arther Loupatty)

MANADO, iNews.id - Polda Sulawesi Utara (Sulut) mengungkap kasus penyelundupan senjata api (senpi) ilegal. Dalam perkara ini, dua orang ditangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka serta mengamankan 8 pucuk senpi otomatis jeniz UZI.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno mengatakan, pengungkapan kasus ini dilakukan jajarannya bersama Polres Minahasa Utara (Minut) dan Polres Kepulauan Sangihe.

“Tersangkanya dua orang pria, masing-masing berinisial OM (18) dan FM (22). Keduanya warga Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujarnya saat di ruang Tribrata Mapolda Sulut, Jumat (20/5/2022).

Menurutnya, kasus ini terbongkar dari informasi masyarakat terkait dugaan penyelundupan senpi yang ditindak lanjuti personel Polres Minut. Dalam pengembangan diamankan di wilayah Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minut, Minggu (15/5/2022) pukul 06.00 WITA.

“Setelah dilakukan penggeledahan terhadap OM, didapati barang bukti berupa 1 pucuk senpi semi otomatis jenis UZI dan 15 butir amunisi kaliber 9 mm,” kata Kapolda didampingi Kabid Humas Polda Sulut, Dirreskrimum dan Kapolres Minut.

Selanjutnya Polres Minut melakukan pengembangan dan berkoordinasi dengan Polres Kepulauan Sangihe.

“Kemudian pada Senin (16/5/2022) pukul 11.30 WITA, personel Polres Minut mengamankan FM, di wilayah Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe,” ujarnya.

Personel Polres Minut lalu menuju wilayah Kecamatan Tamako, Kabupaten Kepulauan Sangihe, selanjutnya melakukan penggeledahan di rumah FM.

“Penggeledahan dilakukan sekitar pukul 12.30 WITA, dengan disaksikan oleh Kepala Lingkungan setempat. Dalam penggeledahan di rumah FM ditemukan 25 butir amunisi kaliber 9 mm,” ucapnya.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: