Profil Greysia Polii, Pebulu Tangkis Ganda Putri asal Sulut yang Ukir Sejarah Olimpiade

Donald Karouw ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 15:00:00 WITA
Profil Greysia Polii, Pebulu Tangkis Ganda Putri asal Sulut yang Ukir Sejarah Olimpiade
Greysia Polii, atlet pebulu tangkis ganda putri yang meraih emas Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Instagram)

MANADO, iNews.id - Pasangan pebulu tangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mencetak sejarah bagi Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Mereka menembus final dan bahkan memenangkan medali emas pertama di ajang pesta olahraga dunia tersebut.

Selama ini, pencapaian terbaik ganda putri Indonesia di cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade tersaji pada edisi 2016. Saat itu, Greysia Polii masih berpasangan dengan Nitya Krishinda hanya lolos sampai babak perempatfinal Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Greysia Polii telah mencurahkan hampir seluruh hidupnya di olahraga bulu tangkis. Dia memulai karier profesionalnya sejak usia 14 tahun atau hampir selama 20 tahun.

Pencapaian medali emas dan rekor pertama Olimpiade ini pun menjadi lebih istimewanya karena diraihnya saat berusia 33 tahun. Bahkan dalam hitungan sembilan hari mendatang, Greysia tepat berusia di 34 tahun.

Saat ini, Greysia Polii tercatat sebagai pemegang rangking pertama peringkat nasional bersama Apriyani Rahayu untuk ganda putri. Sementara di ajang internasional, berdasarkan situs BWF (Badminton World Federation) mereka berada peringkat 6 dunia. 

Greysia merupakan putri pasangan dari pasangan Willy Polii dan Evie Pakasi. Kedua orang tuanya asal Sulawesi Utara. Dia lahir di Jakarta pada 11 Agustus 1987.

Greysia sempat tinggal di Kota Manado sebelum akhirnya pindah ke Jakarta agar lebih serius berlatih dan mengejar mimpinya di ajang bulu tangkis.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: