Pulang dari Ternate, 55 Warga Sulut yang Tiba di Pelabuhan Manado Jalani Rapid Test

Arther Loupatty ยท Selasa, 12 Mei 2020 - 22:19:00 WITA
Pulang dari Ternate, 55 Warga Sulut yang Tiba di Pelabuhan Manado Jalani Rapid Test
55 Warga Sulut dari Ternate yang Tiba di Pelabuhan Manado Jalani Rapid Test (Foto : iNews.id/Arther)

MANADO, iNews.id - Sebanyak 55 warga Sulawesi Utara (Sulut) dari Ternate tiba di Kota Manado dengan menggunakan Kapal Permata Obi, Selasa (12/5/2020) sore. Kedatangan mereka di Pelabuhan Manado langsung disambut Gugus Tugas Covid-19 Sulut untuk pendataan dan sterilisasi.

Tim Gugus Tugas Covid-19 siap lakukan Pendataan dan Sterilisasi

Warga Sulut tersebut sebelumnya sudah menjalani rapid test di Ternate dan dikarantina. Setelah sampai di Kota Manado, mereka harus kembali dites cepat dan menjalani karantina di rumah singgah untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Seluruh Penumpang langsung dikarantina

Selain penumpang kapal, para anak buah kapal (ABK) juga harus menjalani rapid test untuk memastikan kondisi kesehatan mereka sebelum memasuki Kota Manado. Para ABK langsung dites cepat oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II A Manado di Pelabuhan Kota Manado.

Anak Buah Kapal Langsung di Rapid Test di Pelabuhan

"Siapapun yang akan memasuki daerah di Sulawesi Utara harus menjalani rapid test dan karantina di rumah singgah dan juga test swab," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IIA Manado Yohanis Patari.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Mozes Imanuel Karaeng menambahkan, rapid test penting dilakukan terhadap warga yang tiba di pelabuhan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Yang datang ini adalah saudara kita , jadi kita konsentrasi saja untuk mencegah virusnya, bukan orangnya. Mereka ini ditangani sesuai prosedur penanganan Covid-19," kata Mozes Imanuel Karaeng.

Editor : Arther Loupatty