PVMBG Rekam 217 Aktivitas Kegempaan Gunung Awu di Kepulauan Sangihe dalam Sepekan

Antara · Minggu, 17 Juli 2022 - 14:43:00 WITA
PVMBG Rekam 217 Aktivitas Kegempaan Gunung Awu di Kepulauan Sangihe dalam Sepekan
Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut. (Foto: Antara/HO-PVMBG)

SANGIHE, iNews.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dalam sepekan terakhir, merekam sebanyak 217 aktivitas kegempaan Gunung Awu, Kabupaten Kepulauan Sangihe. PVMBG menyatakan apabila ada peningkatan status berarti sudah memasuki fase baru, namun untuk saat ini masih di siaga (level III).

"Kegempaannya berfluktuatif, bisa meningkat, bisa turun juga. Fluktuatif di sini adalah fluktuatif tinggi," sebut Koordinator Gunung Api PVMBG, Oktory Prambada melalui aplikasi percakapan dari Manado, Sabtu (16/7/2022).

Dia menyebutkan, kalau di saat normal aktivitas hanya ada gempa gempa tektonik, tidak ada gempa vulkanik, sementara gempa vulkanik pada keadaan normal antara 1-5 kejadian per bulan.

Terekam delapan kali gempa hembusan dengan amplitudo 3-10 milimeter durasi 15-40 detik serta satu kali gempa harmonik dengan amplitudo delapan milimeter selama 120 detik.

Terekam juga 39 kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo tiga sampai 71 milimeter dengan lama gempa tiga sampai 40 detik serta 65 kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo empat hingga 69 milimeter.

PVMBG juga merekam sebanyak lima kali gempa tektonik lokal dengan amplitudo tujuh hingga 62 milimeter dan lama gempa 20-59 detik.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: