Ratusan Nakes Thailand Positif Covid meski Sudah Dua Kali Vaksin

Antara, Ahmad Islamy Jamil · Senin, 12 Juli 2021 - 09:08:00 WITA
Ratusan Nakes Thailand Positif Covid meski Sudah Dua Kali Vaksin
Tenaga kesehatan Thailand sedang memberikan vaksin Covid kepada warga, Mei lalu. (Foto: Reuters)

BANGKOK, iNews.id – Kementerian Kesehatan Thailand mencatat ratusan tenaga kesehatan (nakes) negara tersebut terinfeksi Covid-19. Padahal, mereka sudah menerima dua dosis vaksin CoronaVac.

Data yang dirilis Kemenkes Thailand mengungkapkan, dari total 677.348 tenaga kesehatan yang telah menerima dua dosis vaksin corona buatan Sinovac Biotech itu, sebanyak 618 di antaranya terpapar Covid pada periode April-Juli. Seorang perawat dilaporkan meninggal dan satu tenaga kesehatan lainnya dalam kondisi kritis.

Panel pakar kesehatan Thailand pun menyarankan pemberian dosis ketiga untuk merangsang imunitas tenaga kesehatan yang berisiko. 

“Vaksin (dosis ketiga) itu nanti berbeda, bisa vektor virus AstraZeneca atau vaksin mRNA, yang akan diterima Thailand dalam waktu dekat,” kata seorang pejabat tinggi kesehatan Thailand, Sopon Iamsirithawon, saat acara jumpa pers, kemarin.

Dia menuturkan, saran panel ahli itu akan dipertimbangkan pemerintah pada Senin (12/7/2021) ini.

Pengumuman tersebut muncul di saat Thailand melaporkan rekor 9.418 lonjakan infeksi Covid pada Minggu kemarin. Sehari sebelumnya, otoritas kesehatan negeri gajah putih itu juga mencatat rekor 91 kematian harian akibat Covid-19.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: