Ratusan Nelayan Terdampak Covid-19 di Minahasa Tenggara Terima BLT Tahap 3

Antara ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 00:00 WITA
Ratusan Nelayan Terdampak Covid-19 di Minahasa Tenggara Terima BLT Tahap 3
Nelayan di Minahasa Tenggara, Sulut, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap ketiga. (Foto: Antara)

MINAHASA TENGGARA, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap ketiga kepada ratusan nelayan. Bantuan ini diharapkan bisa mengurangi beban para nelayan yang terdampak pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Minahasa Tenggara Vecky Monigir mengatakan, BLT tahap ketiga atau untuk bulan September, sudah disalurkan di bulan Oktober ini sebesar Rp300.000.

"Bantuan diberikan kepada 269 nelayan dan pembudidaya ikan,” ujar Vecky Monigir, di Ratahan, Rabu (14/10/2020).

Dia menjelaskan, sebelumnya telah disalurkan BLT untuk bulan April, Mei, dan Juni dengan besaran Rp600.000 setiap bulan. Sementara itu, BLT tahap kedua untuk bulan Juli dan Agustus juga sudah diberikan kepada 270 penerima untuk dua bulan sekaligus atau sekitar Rp600.000.

“Namun untuk tahap kedua, nilai bantuan sudah turun menjadi Rp300.000. Begitu juga dengan tahap ketiga yang baru disalurkan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bantuan ini berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dikhususkan bagi nelayan dan pembudidaya ikan yang terkena dampak Covid-19. Nelayan dan pembudidaya yang mendapatkan bantuan tersebut diharapkan dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan sehari-hari.

“Nama penerima juga langsung diberikan dari pusat dan kami tinggal melakukan verifikasi. Selanjutnya agar penerima bantuan tidak ganda dengan bantuan lainnya, kami terus lakukan verifikasi di lapangan,” katanya.


Editor : Maria Christina