Seleksi Anggota KPU, Nama Ini Disebut Wakili Indonesia Timur dan Kaum Perempuan

Jefry Langi · Jumat, 11 Februari 2022 - 19:18:00 WITA
Seleksi Anggota KPU, Nama Ini Disebut Wakili Indonesia Timur dan Kaum Perempuan
Yessy Momongan salah satu dari 14 calon anggota KPU RI periode 2022-2027. (Foto: YouTUbe)

MANADO, iNews.id - Sedikitnya 14 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 10 calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi II DPR pada 14-16 Februari mendatang. Seleksi ini akan mengerucut para calon menjadi 7 nama.

Salah satu dari 14 nama calon anggota KPU periode 2022-2027 yakni Yessy Yatty Momongan. Dia merupakan anggota KPU Provinsi Sulawesi Utara periode 2018-2023.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Projo Sulut Lucky Schramm yang dimintai tanggapan mengatakan, anggota KPU yang terpilih merupakan putra putri terbaik bangsa. Mereka bersih dan sudah teruji. 

"Saat ini Presiden Jokowi sudah mengirimkan 14 calon anggota KPU dan 10 calon Bawaslu ke DPR. Sepatutnya yang lolos dalam seleksi putra dan putri terbaik yang mewakili bagian di Indonesia," kata Schramm, Jumat (11/2/2022).

Menurutnya, Yessy Momongan selama ini sudah lama berkecimpung dalam dunia kepemiluan. 

"Dia itu representasi Indonesia Timur dan mewakili kaum perempuan yang kemampuannya sudah teruji dalam pesta demokrasi karena tercatat sebagai komisioner KPU Sulut," katanya.

Sekretaris DPD Projo Sulut Vebry Tri Haryadi menambahkan, Yessy Momongan figur dengan rekam jejak sebagai penyelenggara pemilu di daerah. 

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: