Sidang Komite Perbatasan Indonesia-Filipina Ke-39 Ditutup, Ini yang Disepakati

Cahya Sumirat ยท Rabu, 23 November 2022 - 17:07:00 WITA
Sidang Komite Perbatasan Indonesia-Filipina Ke-39 Ditutup, Ini yang Disepakati
Sidang Ketua Komite Perbatasan Indonesia-Filipina ke-39 resmi ditutup.(Foto: Dispen Lantamal VIII)

MANADO, iNews.id - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Hutabarat selaku Ketua Komite Perbatasan Indonesia menutup pelaksanaan Sidang Ketua Komite Perbatasan Indonesia-Filipina ke-39. Acara penutupan  berlangsung di Gedung Yos Sudarso Markas Komando Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII, Rabu (23/11/2022).

"Komite perbatasan Indonesia-Filipina terbentuk atas dasar perjanjian lintas batas dan patroli perbatasan antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Filipina pada tahun 1975," kata Hutabarat.

Hal itu kata dia, bertujuan untuk meyakinkan terselenggarannya operasi patroli perbatasan dan kegiatan lintas batas di wilayah perbatasan kedua negara agar berjalan efektif serta mempercepat penyelesaian terhadap permasalahan-permasalahan yang timbul.

Hutabarat menjelaskan, Sidang Ketua Komite Perbatasan Indonesia-Filipina ini semestinya dilaksakan setiap tahun bergantian antara kedua negara namun karena pandemi Covid-19, sidang ini tidak terlaksana selama dua tahun.

"Pada tahun ini dilaksanakan kembali sidang yang ke-39 dan bertindak selaku tuan rumah Komite Perbatasan Indonesia," katanya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada 22-23 November 2022 dan dilakukan secara virtual antara delegasi Indonesia dengan delegasi Filipina melalui video converence, untuk delegasi Indonesia pelaksanaan di Mako Lantamal VIII Manado dan delegasi Filipina di Eastern Mindanao Command.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: