Sulut Dilanda Cuaca Ekstrem, Pasokan Listrik Sempat Terhenti

Cahya Sumirat ยท Senin, 19 April 2021 - 08:24:00 WITA
Sulut Dilanda Cuaca Ekstrem, Pasokan Listrik Sempat Terhenti
Tim recovery PLN berupaya secepatnya untuk melakukan penormalan sistem kelistrikan.(Foto: Istimewa)

MANADO, iNews.id - Beberapa daerah di Sulawesi Utara (Sulut) dilanda hujan deras disertai petir dan angin kencang, Minggu (18/4/2021) malam. Aliran listrik sempat terputus karena pemadaman tak terhindarkan di beberapa wilayah.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Suluttenggo bersama Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado bertindak cepat mengatasi putusnya aliran listrik sesaat yang dialami beberapa daerah yang tersebar di provinsi Sulut. Terputusnya aliran listrik sebagian pelanggan tersebut diakibatkan indikasi gangguan yang disebabkan cuaca ekstrem. Sebanyak 439 gardu disitribusi dan 13 penyulang di Kota Manado, sebagian Minahasa Utara/Likupang dan Kotamobagu perlu dilakukan recovery atau pemulihan.

General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki menerangkan, sejak terdeteksi terhentinya pasokan tenaga listrik, tim PLN segera melakukan identifikasi sumber gangguan dan melakukan upaya pengamanan juga penormalan pada daerah terdampak.

"Saat ini tim dari PLN UP3 Manado tengah mengamankan titik gangguan, termasuk adanya pohon roboh yang mengenai Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang sedang dilakukan perbaikan," kata Leo.

Tim recovery PLN berupaya secepatnya untuk melakukan penormalan sistem kelistrikan, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali pulih. Hingga pukul 21.00 WITA, sebanyak 223 Gardu Distribusi berhasil dinormalkan sehingga 24.753 pelanggan dapat kembali menikmati listrik. Sementara total ada 439 gardu dan 48.279 pelanggan yang terdampak.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2