Tingkatkan Kualitas Pendidikan, 24 SMP/MTs di Tomohon Ikut ANBK Mandiri

Antara · Senin, 19 September 2022 - 20:36:00 WITA
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, 24 SMP/MTs di Tomohon Ikut ANBK Mandiri
Tampak Wali Kota Caroll JA Senduk (kanan) didampingi Kepala LPMP Febry Dien (tengah) dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tomohon Juliana Karwur (kiri). (Foto: Antara/HO-Humas)

TOMOHON, iNews.id- Sebanyak 24 Sekolah Menengah Pertama di Kota Tomohon/Madrasah Tsanawiyah, Sulawesi Utara mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) secara mandiri. Kegiatan tersebut guna mengetahui kualitas pendidikan yang sudah berjalan.

"Kota Tomohon 100 persen melaksanakan ANBK secara mandiri dalam dua moda pelaksanaan yaitu 22 sekolah dalam moda online dan dua sekolah dalam moda semi online," kata Wali Kota, Caroll JA Senduk di Tomohon, Senin (19/9/2022).

ANBK ini menurut dia, adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan dasar dan menengah.

Instrumen yang digunakan adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

ANBK ini sebut dia, dilaksanakan dalam dua moda yaitu moda online dan moda semi online yang dibagi dalam dua gelombang oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) melalui sistem ANBK.

"Pendidikan di Tomohon dipantau melalui asesmen ini, asesmen ini dibuat di pusat dan akan diberikan hasilnya ke pemerintah kota," katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: