BP2MI dan Pemkot Tomohon-Bitung Kerja Sama Tingkatkan Perlindungan Pekerja Migran

Antara · Kamis, 06 Mei 2021 - 16:38:00 WITA
BP2MI dan Pemkot Tomohon-Bitung Kerja Sama Tingkatkan Perlindungan Pekerja Migran
Penandatanganan nota kesepakatan meningkatkan pelayanan penempatan dan perlindungan pekerja migran. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Pelayanan penempatan dan perlindungan pada pekerja migran dari Kota Tomohon dan Kota Bitung saatnya ditingkatkan. Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bersama Pemerintah Kota Tomohon dan Kota Bitung sepakat melakukan kerja sama untuk tujuan tersebut. 

"Telah ditandatangani bersama nota kesepakatan antara BP2MI bersama Pemkot Tomohon dan Pemkot Bitung," kata Wali Kota Tomohon, Caroll JA Senduk di Bitung, Rabu (5/5/2021). 

Pemkot Tomohon maupun Bitung merespon positif jalinan kerja sama ini, sekaligus memberikan apresiasi kepada BP2MI atas sinergi yang selalu ditunjukkan bersama dalam memberi perhatian terhadap pekerja migran Indonesia di daerah. 

Wali kota mengatakan, BP2MI sebelumnya bernama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (disingkat BNP2TKI) adalah sebuah lembaga pemerintah nondepartemen.

Fungsinya adalah melaksanakan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan pekerja migran Indonesia di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi. 

"Lembaga ini pertama dibentuk sebagai BNP2TKI berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2006 sebelum digantikan oleh BP2MI melalui Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2019," ujarnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: