Warga Diimbau Tak Takut Divaksin Covid-19, Bupati Gorontalo Utara Siap Jadi yang Pertama

Antara ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 19:56:00 WITA
Warga Diimbau Tak Takut Divaksin Covid-19, Bupati Gorontalo Utara Siap Jadi yang Pertama
Pertemuan lintas sektor dan lintas program persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tingkat kabupaten.(Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id  - Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo Indra Yasin mengimbau warga tidak takut divaksin Covid-19. Dia sendiri menyatakan akan menjadi orang pertama yang akan divaksin di daerah tersebut.

"Saya siap menjadi orang pertama di daerah ini yang divaksin Covid-19, termasuk pak Wakil Bupati Thariq Modanggu yang juga telah menyatakan kesiapannya," ujar Bupati Indra pada pertemuan lintas sektor dan lintas program persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tingkat kabupaten di Gorontalo, Rabu (13/1/2021).

Namun, katanya, karena ada pembatasan usia orang yang akan divaksin di tahap awal ini, antara usia 18-59 tahun, dipastikan Wabup Thariq Modanggu akan menerima vaksin terlebih dahulu.

"Saya yang telah berusia di atas 60 tahun siap menunggu penjadwalan berikutnya," kata Indra.

Hingga saat ini tercatat kasus positif Covid-19 di Kabupaten Gorontalo mencapai 268 kasus dan 4 kasus dinyatakan meninggal.

Agar peningkatan kasus tidak terus terjadi, masyarakat diimbau untuk tidak takut, sebab vaksinasi ini sama halnya dengan imunisasi yang diberikan kepada bayi dan balita pada umumnya.

Apalagi, pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah menyatakan vaksin ini aman dan telah melalui uji ilmiah serta pemeriksaan laboratorium, juga pernyataan halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Tidak mungkin pemerintah mencelakakan rakyatnya. Yakin dan percayalah vaksinasi ini untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan demi kesehatan bersama," kata Indra.

Ia meminta agar seluruh aparatur pemerintahan daerah itu ikut menyosialisasikan tentang manfaat vaksin Covid-19 dan memberi informasi positif kepada masyarakat.

Sejauh ini, pemerintah daerah terus memaksimalkan kesiapan-kesiapan pelaksanaan vaksinasi tersebut. Dari mulai  infrastruktur atau ruangan untuk menyimpan vaksin sesuai kondisi yang diperlukan serta kesiapan dan keamanan distribusi vaksin ke seluruh puskesmas di 11 kecamatan, termasuk puskesmas di wilayah Kepulauan Ponelo.

Editor : Cahya Sumirat