Kepala dinas PMDD Kabupaten Sangihe, Frans Porawouw. (Foto: Antara)
Antara

SANGIHE, iNews.id - Sampai saat ini masih ada 27 kampung di Kabupaten Sangihe belum mencairkan dana desa yang bersumber dari APBD. Dana desa dari APBD tersebut masuk tahap satu.

"Masih ada 27 kampung dari 145 kampung di daerah ini yang belum melakukan pencairan dana desa APBD tahap satu," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Daerah (PMDD) Kabupaten Sangihe Sulawesi Utara, Frans G Porawouw, Sabtu (25/6/2022).

Menurut dia, 27 kampung tersebut masing-masing; enam kampung di Tabukan Utara, Manganitu Selatan tiga , Tamako enam, Manganitu tiga, Tabukan Tengah dua, Tabukan Selatan Tenggara satu, Tabukan Selatan lima, Kendahe satu dan Marore satu.

Sedangkan 118 kampung lainnya kata dia telah melakukan pencairan tahap satu dan sementara merampungkan laporan pertanggungjawaban dana untuk pencairan tahap selanjutnya.

Dinas PMDD kata dia, sudah memberikan imbauan agar 27 kampung tersebut segera melakukan pencairan dana desa APBD tahap satu.

Selain melakukan imbauan, dinas PMDD juga memberikan pendampingan kepada kampung yang mengalami kesulitan dalam pemenuhan administrasi pencairan dana.

"Kalau ada kampung yang menemui kesulitan dalam hal administrasi pencairan dana, maka tenaga di dinas PMDD siap memberikan pendampingan," tuturnya.

Dia juga tetap mengimbau kepada semua pengelola dana desa agar dapat menyampaikan administrasi pertanggungjawaban dana tepat waktu agar anggaran selanjutnya bisa segera dicairkan.

"Administrasi pertanggungjawaban penggunaan dana desa supaya diperhatikan dan disampaikan tepat waktu," ujarnya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT