Ilustrasi. Sungai di Manado yang menyempit dan dangkal. (Foto: MPI/Cahya Sumirat)
Antara

MANADO, iNews.id - Balai Sungai Wilayah Sulawesi (BWSS) I melakukan pengerukan tiga sungai di Kota Manado, Sulawesi Utara. Pengerukan dilakukan untuk mengatasi ​​​​​​banjir yang kerap melanda wilayah sekitar aliran tiga sungai itu.

"Tiga sungai dimaksud yaitu Sungai Tondano, Sungai Tikala dan Sungai Sario," kata Kepala Satuan Kerja Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air BWSS Sulawesi I, Iskandar Rahim di Manado, Selasa (6/9/2022).

Secara kontrak pengerjaan pengerukan Sungai Tondano dan Sungai Tikala sudah selesai dilakukan, dan nanti dilanjutkan ke Sungai Sario.

"Baru selesai pengerukannya, masih akan dilanjutkan lagi ke Sungai Sario," ujarnya.

Pengerukan di dua Sungai yang sudah selesai dilakukan tersebut masing-masing menyerap anggaran sekitar Rp1,5 miliar, sementara untuk Sungai Sario diperkirakan sebesar Rp200 juta.

Sebelum dilakukan pengerukan di Sungai Sario, kata dia, BWSS I melakukan survei lapangan untuk melihat titik-titik yang akan menjadi prioritas pengerjaan.

"Kendalanya mungkin pada akses masuk ke lokasi karena kondisi pemukiman yang padat," ujarnya.

Dia berharap pekerjaan normalisasi sungai ini bisa dikerjasamakan dengan pemerintah kota sehingga penanganannya terintegrasi.

"Pekerjaan pengerukan sungai ini untuk mereduksi banjir yang sering terjadi di Kota Manado," katanya.


Editor : Cahya Sumirat

BERITA TERKAIT