13 Yaki Monyet Hitam Sulawesi Dilepasliarkan di Gunung Ambang Modayag Boltim

Subhan Sabu ยท Kamis, 26 November 2020 - 13:52:00 WITA
13 Yaki Monyet Hitam Sulawesi Dilepasliarkan di Gunung Ambang Modayag Boltim
Yaki yang dilepasliarkan di TWA Gunung Ambang, Modayag, Boltim. (Foto: Okezone/Subhan Sabu)

BOLTIM, iNews.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Utara dan Yayasan Masarang bersama PT Pertamina (Persero) melepasliarkan 13 ekor yaki macaca nigra atau monyet hitam Sulawesi di kawasan konservasi TWA Gunung Ambang Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara. Para yaki ini dilepas ke alam liar setelah melalui proses rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tasikoki. 

Kepala BKSDA Sulut Noel Layuk Allo mengatakan, yaki ini merupakan hasil penyelamatan dari perdagangan satwa dan evakuasi dari kepemilikan illegal.

“Pelepasliaran yaki ini dapat terlaksana berkat dukungan penuh dari semua pihak,” katanya, Kamis (26/11/2020)

Sebelumnya, kelompok yaki ini dipindahkan ke kandang pelepasliaran di TWA Gunung Ambang untuk menjalani proses habituasi agar mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan baru sebelum benar-benar akan bebas di alam liar. 

“Kegiatan pelepasliaran yaki ini diharapkan dapat menambah populasinya di alam liar sehingga dapat menjadi sarana edukasi dan juga meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap satwa liar. Jika upaya konservasi Yaki tidak dilakukan dari sekarang, maka yaki akan semakin terancam dan mendekati ambang kepunahan,” ucapnya.

Momen pelepasliaran yaki ini bertepatan dengan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Pertamina serta peringatan Hari Cinta Puspa Satwa Nasional.

Editor : Donald Karouw