Ancaman Bencana Selalu Mengintai, Profesionalisme dan Koordinasi BPBD Gorontalo Diminta Diperkuat

Antara · Kamis, 28 Juli 2022 - 16:48:00 WITA
Ancaman Bencana Selalu Mengintai, Profesionalisme dan Koordinasi BPBD Gorontalo Diminta Diperkuat
Ilustrasi. Ancaman bencana seperti banjir bandang masih menghantui sebagian besar warga di berbagai daerah yang pernah dilanda musibah tersebut. (Foto: iNews.id/Pipiet Wibawanto)

GORONTALO, iNews.id - Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengajak jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme. Hal itu mendesak dimiliki demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penanggulangan bencana.

"Saya tentu sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BPBD. Semoga kunjungan ini akan lebih meningkatkan kolaborasi kita demi pelayanan kepada masyarakat, terutama dalam penanggulangan bencana," ujar Bupati Hamim Pou usai menerima kunjungan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Gorontalo Rusli Wahjudewey Nusi bersama jajarannya, Rabu (27/7/2022).

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Gorontalo, Rusli Wahjudewey Nusi mengungkapkan dalam pertemuan itu, ia menyampaikan beberapa hal kepada Bupati, diantaranya terkait dengan kolaborasi antara Pemprov Gorontalo dengan Pemkab Bone Bolango, terutama di BPBD.

"Kita ketahui bersama bencana yang sering terjadi di wilayah Gorontalo, itu banyak di wilayah Kabupaten Bone Bolango," kata dia.

Selain itu, jelas Rusli Wahjudewey Nusi, pertemuan itu berhubungan dengan pembentukan tim teknis pengkajian kebutuhan pasca bencana (Jitu Pasna) dan penyusun rencana rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di wilayah terdampak bencana, terutama di Kabupaten Bone Bolango.

Sesuai Peraturan Kepala BNPB Nomor 15 Tahun 2011 tentang Pedoman Jitu Pasna, Peraturan BNPB Nomor 05 Tahun 2017 tentang Penyusunan Rencana Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana dan Peraturan BNPB Nomor 06 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Pasca Bencana.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: