Banjir Bandang di Minahasa Tenggara, 1 Warga dan 4 Rumah Dilaporkan Hanyut

Subhan Sabu ยท Senin, 20 September 2021 - 22:01:00 WITA
Banjir Bandang di Minahasa Tenggara, 1 Warga dan 4 Rumah Dilaporkan Hanyut
Bencana banjir bandang di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (20/9/2021). (Foto: Istimewa)

MINAHASA TENGGARA, iNews.id - Curah hujan tinggi sejak beberapa pekan terakhir mengakibatkan bencana banjir bandang di Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, Senin (20/9/2021). Satu warga dilaporkan hanyut dan belum ditemukan.

Dari informasi yang berhasil dirangkum, banjir tersebut terjadi sekira pukul 14.00 Wita dan menerjang wilayah Kecamatan Ratahan dan Ratahan Timur. Sebanyak 50 rumah terendam banjir dan empat rumah dikabarkan hanyut.

Banjir diakibatkan oleh meningkatnya debit air dibeberapa aliran sungai dampak dari cuaca ekstrim yang melanda Sulut sejak beberapa pekan terakhir.

Air di Sungai Palaus juga mengalami peningkatan sehingga menimbulkan kepanikan warga, terutama yang berdekatan dengan bantaran sungai karena air sudah memasuki pemukiman warga. 

Lebih parah lagi, jembatan Abuang yang merupakan jembatan penghubung Ratahan - Langowan tertutup banjir bandang mengakibatkan akses jalan terputus. Begitu juga dengan kondisi jalan di Desa Pangu.

“Jalan utama masuk Kabupaten Minahasa Minahasa Tenggara terputus akibat banjir bandang. Jalan sementara dapat melalui Lingkar Selatan (via Kema - Kombi - Belang) atau masuk dari Amurang,” kata Humas SAR Manado, Feri Ariyanto menginfokan sementara dari Kadis Perhubungan Minahasa Tenggara.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: