Banyak Begadang Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Bunuh Diri

Tangguh Yudha ยท Selasa, 09 Agustus 2022 - 17:16:00 WITA
Banyak Begadang Ternyata Bisa Meningkatkan Risiko Bunuh Diri
Peneliti Beberkan Bahaya Begadang, Bisa Meningkatkan Risiko Bunuh Diri (Foto: Mpho Mojapelo/Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Penelitian bertajuk 'Mind After Midnight' mengungkapkan begadang dapat memengaruhi emosi dan perilaku manusia. Mereka bahkan menyimpulkan begadang dapat meningkatkan risiko bunuh diri.

Banyak bukti menunjukan fungsi otak manusia sangat berbeda saat terjaga di malam hari. Apalagi saat tengah malam, emosi negatif lebih dominan sehingga ide-ide berbahaya muncul.

Penelitian melaporkan risiko bunuh diri tiga kali lipat lebih tinggi antara tengah malam dan 6:00 pagi dibandingkan dengan waktu lainnya, seperti dilansir dari Science Alert.

"Bunuh diri, yang sebelumnya tidak terbayangkan, muncul sebagai pelarian dari kesepian dan rasa sakit. Dan pada saat tidak ada orang lain yang terbangun untuk mencegahnya, memungkinkan bunuh diri benar-benar dilakukan," kata para peneliti dalam hipotesisnya.

Penulis menggunakan dua contoh untuk mengilustrasikan poin mereka. Contoh pertama adalah seorang pengguna heroin yang berhasil mengatasi akaunya di siang hari tetapi menyerah pada sakaunya di malam hari.

Contoh kedua adalah seorang mahasiswa yang berjuang dengan insomnia, yang mulai merasakan keputusasaan, kesepian dan keputusasaan saat begadang. Kedua skenario pada akhirnya memberikan hasil begadang bisa berakibat fatal.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: