Bayar Tol Tanpa Sentuh Bakal Dirilis Akhir Tahun, Begini Cara Transaksinya

Iqbal Dwi Purnama · Senin, 26 September 2022 - 11:46:00 WITA
Bayar Tol Tanpa Sentuh Bakal Dirilis Akhir Tahun, Begini Cara Transaksinya
BPJT bakal merilis aplikasi Cantas akhir tahun ini sebagai platform melakukan bayar tol tanpa sentuh. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Aplikasi Cantas akhir akan dirilis akhir Ini oleh Kementerian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Aplikasi tersebut sebagai platform bayar tol tanpa sentuh. 

Rencananya pada tahun 2023 bayar tol tanpa sentuh ini bakal mulai diterapkan pada beberapa ruas tol sebagai tahap uji coba.

Mengutip Instagram BPJT, aplikasi tersebut bakal dirilis ke publik pada bulan Oktober nanti, namun belum bisa diunduh karena masih dalam tahapan tes, konsultasi, lalu kaji ulang. Setelah itu, di bulan Desember 2022 akan dirilis versi baru yang bisa diakses publik.

Nantinya, transaksi tol bakal menggunakan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) atau sistem pembayaran tol yang dilakukan saat kendaraan sedang melaju. Sehingga tidak ada lagi transaksi yang dilakukan di gardu tol.

Lalu, bagaimana cara transaksinya?

Sistem MLFF akan menggunakan teknologi Satelit Navigasi Global (GNSS) yang memindahkan metode transaksi tol yang sebelumnya berbasis Chip menjadi pembayaran berbasis akun dan server.

Pengguna tol wajib mempunyai aplikasi Cantas di handphone-nya untuk melakukan pembayaran tarif tol sesuai dengan tujuan akhir atau tempat keluar tol.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: