Berkedok Dapat Bisikan Gaib, Pria di Gorontalo Tipu Korban hingga Ratusan Juta

Subhan Sabu · Jumat, 26 Maret 2021 - 08:01:00 WITA
Berkedok Dapat Bisikan Gaib, Pria di Gorontalo Tipu Korban hingga Ratusan Juta
Tim Resmob Polda Gorontalo meringkus pelaku penipuan uang hingga ratusan juta rupiah.(Foto: Dok. Humas)

GORONTALO, iNews.id - Tim Resmob Polda Gorontalo meringkus pelaku penipuan uang hingga ratusan juta rupiah. ML (40) asal Desa Toluwaya Kecamatan Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango berhasil menipu lima orang dengan jumlah dana yang terhimpun sekira Rp869.225.000.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono mengatakan modus pelaku tindak pidana penipuan mengaku mendapatkan bisikan gaib untuk mencari dana amanah yang akan dipergunakan untuk penyelamatan umat. 

"Pengungkapan kasus penipuan ini berawal adanya laporan dari salah satu korban ES ke Polda Gorontalo pada hari Selasa 23 Maret 2021. Korban merasa ditipu oleh UU, AAA dan ML," kata Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, Kamis (25/3/2021).

Pada hari yang sama setelah korban ES melapor, anggota Propam Polda menerima informasi adanya dua orang laki-laki yang sering meminta uang kepada beberapa orang di antaranya kepada korban ES dengan alasan untuk memenuhi permintaan dari seseorang yang akan mencairkan dana amanah.

Kedua orang tersebut meminta pelapor ES untuk bertemu di komplek lapangan Buladu dan meminta sejumlah uang. Informasi tersebut oleh anggota Propam diikuti dan berhasil mengamankan dua orang UU dan AAA sesaat setelah menerima penyerahan uang dari pelapor ES sebesar Rp500.000.

"Selanjutnya UU dan AAA dibawa ke Ditreskrimum. Dari keterangan keduanya diperoleh informasi bahwa mereka disuruh oleh ML yang mereka percayai sebagai orang yang mendapatkan bisikan gaib untuk mencairkan dana amanah untuk menyelamatkan umat," ujar Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3