BI Perkirakan Ekonomi Sulut 2022 Tumbuh Sebesar 5,5 Persen

Antara · Minggu, 02 Januari 2022 - 09:35:00 WITA
BI Perkirakan Ekonomi Sulut 2022 Tumbuh Sebesar 5,5 Persen
Salah satu aktivitas warga di pusat perbelanjaan kawasan Mega Mas Kota Manado.(Foto: MPI/Cahya Sumirat)

MANADO, iNews.id - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada tahun 2022 berada dikisaran 4,5 persen hingga 5,5 persen.   Pertumbuhan ekonomi ini salah satunya karena aktivitas masyarakat sudah relatif normal.

"Memperhatikan perkembangan data-data indikator perekonomian terkini, kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sulut menguat tahun 2022," kata Kepala BI Sulut Arbonas Hutabarat, di Manado, Jumat (31/12/2021).

Dia mengatakan pada tahun 2021 ekonomi Sulut yaitu berada pada kisaran 4,2 persen sampai 5,0 persen (yoy) dan terus menunjukkan perbaikan pada kisaran 4,5 – 5,5 persen (yoy) pada tahun 2022.

Bercermin dinamika tahun 2021, terbatasnya aktivitas dan mobilitas masyarakat berpengaruh signifikan pada proses pemulihan ekonomi, proses vaksinasi berperan penting dalam mengawal peningkatan aktivitas di tengah kondisi pandemi yang masih berlangsung.

Memasuki tahun 2022 aktivitas masyarakat masih akan menjadi kunci perbaikan perekonomian daerah.

"Kenaikan kasus aktif Covid-19 diharapkan tidak terjadi lagi pada 2022," ucapnya.

Tingkat vaksinasi yang relatif tinggi merupakan modal besar bagi perekonomian Sulut untuk menjaga aktivitas yang mendukung normalisasi konsumsi domestik.

Selain itu, mobilitas diperkirakan akan berangsur mendekati level sebelum pandemi sehingga berdampak positif terhadap dua lapangan usaha utama Sulut yaitu transportasi dan perdagangan.

Dia menjelaskan selain itu, harga komoditas yang masih tinggi akan menjaga insentif produksi pada industri pengolahan dan perkebunan sebagai bahan baku.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: