BMKG: Awas, Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Sangihe dan Talaud 

Cahya Sumirat · Jumat, 29 Januari 2021 - 14:23:00 WITA
BMKG: Awas, Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Sangihe dan Talaud 
Gelombang tinggi patut diwaspadai sejumlah nelayan kecil dan pengguna transportasi laut.(Foto: Cahya Sumirat)

MANADO, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Bitung mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi. Peringatan ini berlaku mulai Sabtu (30/1/2021) hingga Minggu (31/1/2021) mulai pukul 08.00 WITA. 

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Daryatno mengatakan, tinggi gelombang 2,5-4 meter atau rough sea berpeluang terjadi di perairan Perairan Kepulauan Sangihe dan Perairan Kepulauan Talaud. Begitu juga di Laut Sulawesi bagian Timur dan Laut Maluku bagian Utara.

"Sementara tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter atau moderate sea berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian Barat, Laut Sulawesi bagian Tengah, Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitung dan  Likupang, Perairan Utara Sulut, Perairan Selatan Sulut dan Laut Maluku bagian Selatan,” ujar Daryatno, Jumat (29/1/2021).

Daryatno menambahkan, ada risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran terutama perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. 

"Begitu juga kapal Tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter," katanya. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: