BMKG Sodorkan Peta Bahaya Tsunami di Gorontalo Utara 

Antara · Minggu, 28 November 2021 - 09:13:00 WITA
BMKG Sodorkan Peta Bahaya Tsunami di Gorontalo Utara 
Plt Sekda Gorontalo Utara, Suleman Lakoro (ujung kiri) menerima peta bahaya tsunami dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Gorontalo. (Foto: Antara/humas Pemkab)

GORONTALO, iNews.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Gorontalo memberikan peta bahaya tsunami kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara. Peta tersebut telah melalui kajian dan verifikasi lapangan di bulan Oktober 2021.

"Peta bahaya tsunami (skenario terburuk) perlu dimiliki, agar masyarakat dapat mengetahui tingkat kerawanan bencana alam dan penanggulangan serta jalur evakuasi yang ada di daerah itu," kata Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda)  Gorontalo Utara Suleman Lakoro, di Gorontalo, Sabtu (27/11/2021).

"Kami akan melakukan sosialisasi di setiap desa khususnya 78 desa pesisir dari 123 desa tentang peta bahaya tsunami ini," katanya.

Pemkab pastinya sangat mengapresiasi dan akan memperbanyak peta tersebut. Khususnya untuk disebarkan ke masyarakat dan pemerintah desa di dua kecamatan yang sudah dipetakan.

"Kami pun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak BMKG Gorontalo yang telah mengganti sirene peringatan dini gempa bumi yang berlokasi di Desa Moluo Kecamatan Kwandang," katanya.

Sirene itu sudah tidak berfungsi secara maksimal karena telah melewati batas usia pemakaian 10 tahun.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Gorontalo, Gandamana Matondang, mengatakan, peta bahaya tsunami yang diserahkan tersebut, telah melalui kajian dan verifikasi lapangan di bulan Oktober 2021.

Peta tersebut berlokasi di Kecamatan Kwandang, dan Ponelo Kepulauan.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: