Bone Bolango Krisis Jeruk Nipis, Kebutuhan Dipasok dari Sulawesi Tengah 

Antara · Senin, 19 April 2021 - 17:04:00 WITA
Bone Bolango Krisis Jeruk Nipis, Kebutuhan Dipasok dari Sulawesi Tengah 
Jeruk nipis. (Foto: Spirit)

GORONTALO, iNews.id - Petani di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo didorong untuk membudidayakan jeruk nipis. Pasalnya  permintaan dari konsumen terus naik sementara pasokan petani menipis.

"Pasokan jeruk nipis di pasaran wilayah Kabupaten Bone Bolango kurang, sehingga harus didatangkan dari luar daerah," ujar Bupati Bone Bolango, Hamim Pou mendorong, Senin (19/4/2021).

Ia menjelaskan jika untuk memenuhi kebutuhan, pedagang mendatangkan jeruk nipis dari Provinsi Sulawesi Tengah. Dimana menurutnya hal tersebut menjadi renungan buat kita, khususnya para petani lokal di Gorontalo.

"Hari ini saya memantau ketersediaan produk maupun bahan pokok yang dijual oleh para pedagang di Pasar Kelurahan Tumbihe, Kabila, terutama rempah-rempah. Ternyata ada hal-hal yang sebenarnya kita punya peluang untuk menyiapkannya, tapi tidak cukup tersedia di Gorontalo, seperti jeruk," ucapnya.

Hamim mengatakan awalnya mengira jeruk nipis yang dijual di pasar berasal dari Gorontalo atau dari Bone Bolango, tapi setelah ditanyakan ke pedagangnya, ternyata jeruknya didatangkan dari Sulawesi Tengah. Padahal alamnya di Gorontalo cocok untuk tanaman jeruk. Justru ketersediaan jeruk malah kurang sekali.

"Ini jeruk tidak cukup pasokan lokal, sehingga harus didatangkan dari Sulawesi Tengah. Tentu ini menjadi kesempatan bagi petani lokal untuk mulai melakukan budidaya tanaman jeruk di daerah ini," katanya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: