BPJS Ketenagakerjaan Gencar Sosialisasi Program JKP di Sulut, Ini 3 Manfaat untuk Pekerja

Antara ยท Rabu, 17 November 2021 - 17:20:00 WITA
BPJS Ketenagakerjaan Gencar Sosialisasi Program JKP di Sulut, Ini 3 Manfaat untuk Pekerja
Kepala BPJamsostek Sulut Mientje Wattu. (ANTARA)

Mientje menjelaskan JKP salah satu bentuk jaminan sosial ketenagakerjaan yang memberikan perlindungan bagi pekerja yang terpaksa kehilangan pekerjaan atau berkurang penghasilannya karena mengalami pemutusan hubungan kerja.

Pemerintah hadir memberikan perlindungan dan kepastian bagi para pekerja untuk mendapatkan hak-hak melalui program JKP sehingga pekerja dapat mempertahankan derajat hidup yang layak.

Dia mengatakan kehadiran program JKP menjadi pelengkap empat program jaminan sosial yang sebelumnya telah diselenggarakan oleh BPJamsostek, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

"Program JKP hadir sebagai insentif karena tidak ada iuran tambahan yang diberikan. Jadi ini momentum bagi para pengusaha agar mengikutsertakan karyawannya terlindungi jamsostek," katanya.

Untuk mendapatkan manfaat JKP, bagi perusahaan skala besar dan menengah wajib mengikuti lima program (JKK, JKM, JHT, JP, dan JKN). Sedangkan bagi perusahaan skala kecil dan mikro sekurang-kurangnya mengikuti empat program (JKK, JKM, JHT, dan JKN).

Editor : Cahya Sumirat

Follow Berita iNewsSulut di Google News

Bagikan Artikel: