Bupati Bolsel Iskandar Kamaru Siapkan Alat Berat Bantu Petani Buka Lahan Baru

Risnan Labenjang ยท Selasa, 21 Juli 2020 - 11:09 WIB
Bupati Bolsel Iskandar Kamaru Siapkan Alat Berat Bantu Petani Buka Lahan Baru
Bupati Bolsel bantu petani buka akses jalan pertanian dengan ekskavator (Foto : iNews.id/Risnan)

BOLSEL, iNews.id - Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru menyiapkan alat berat untuk membantu petani membuka lahan baru maupun akses jalan. Peluncuran eskavator bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) ini bersamaan dengan kegiatan penanaman jagung MSP di perkebunan Kompleks Perkantoran Panango, Senin (20/07/20).

Ekskavator tersebut sudah dari tahun 2018. Alhamdulillah alat ini bisa sampai juga ke Bolsel dan akan membantu petani di daerah ini,” ujar Iskandar.

Dia mengungkapkan, para petani bisa memanfaatkan alat berat ini untuk membuka jalan ke perkebunan. Syaratnya harus memiliki kelompok tani 

"Jika petani memiliki lahan tapi jalan belum jadi, maka kelompok tani harus bergotong royong untuk mengumpul dana membeli solar dan biaya operator. Kemudian ajukan ke dinas terkait. Alat berat akan langsung diturunkan ke tempat kelompok tani memerlukan untuk pembuatan jalan perkebunan," katanya.

Menurutnya, alat ini diharapkan dapat difungsikan untuk mempermudah kelompok tani.

"Apabila ada kendala bisa menggunakan alat ini. Apalagi jika jalan air menuju sawah tersumbat kerikil atau hal lain yang dapat menghambat saluran air ke sawah," katanya.


Editor : Arther Loupaty