Bupati Sangihe Jabes Gaghana Minta Pengelola Tol Laut Tambah Kontainer Ikan

Antara ยท Kamis, 30 Juli 2020 - 13:12 WIB
Bupati Sangihe Jabes Gaghana Minta Pengelola Tol Laut Tambah Kontainer Ikan
Kapal tol laut yang melayari rute Surabaya-Tahuna. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana meminta pengelola kapal tol laut menambah jumlah kontainer ikan. Hal ini agar produksi ikan di daerah tersebut bisa dipasarkan ke daerah lain dan nelayan tidak merugi.

"Kami minta pengelola kapal tol laut yang melayari rute Surabaya-Tahuna agar menambah jumlah kontainer khusus muatan ikan," ujar Bupati di Tahuna, Rabu (29/7/2020).

Dia mengatakan, saat ini stok ikan di Sangihe sangat melimpah. Namun kondisinya terkendala pengangkutan lantaran tidak bisa dibawa seluruhnya melalui tol laut dengan jumlah kontainer hanya tiga unit.

"Kontainer untuk muat ikan hanya disiapkan tiga unit di kapal tol laut. Jumlah ini  tidak bisa mengangkut semua ikan hasil tangkapan nelayan. Ini sangat merugikan nelayan di Sangihe," katanya.

Dia mengatakan, setiap hari ada puluhan ton ikan hasil tangkapan nelayan, sedangkan kapasitas penampungan di Unit Perikanan Dagho hanya bisa sampai 250 ton.

"Cold storage di Pelabuhan Perikanan Dagho saat ini sudah penuh. Hasil tangkapan nelayan sudah tidak dapat ditampung lagi," ucapnya.

Menurutnya, Pemkab Sangihe sudah menyampaikan surat kepada pemerintah pusat, khususnya Kementerian Perhubungan agar memperhatikan kebutuhan masyarakat nelayan yang ada di wilayah perbatasan dengan Filipina. Salah satunya dengan penambahan jumlah kontainer untuk ikan.

"Kami berharap semua hasil tangkapan nelayan bisa tertampung, maka dibutuhkan 15 sampai 20 kontainer agar ikan hasil tangkapan nelayan bisa diangkut melalui tol laut ke Surabaya," kata Jabes.


Editor : Donald Karouw