DLH Sulut Beri Edukasi Pengelolaan Sampah di SMA Negeri 1 Airmadidi

Subhan Sabu ยท Rabu, 30 Maret 2022 - 16:58:00 WITA
DLH Sulut Beri Edukasi Pengelolaan Sampah di SMA Negeri 1 Airmadidi
Siswa SMA Negeri 1 Airmadidi, Minahasa Utara saat mendapatkan bimbingan pengelolaan sampah. (Foto: MPI/Subhan Sabu)

MINUT iNews.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberikan edukasi tentang sampah kepada para siswa SMA Negeri 1 Airmadidi, Minahasa Utara (Minut). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati hari peduli sampah nasional.

Sekretaris DLH Sulut, Robert M Senduk mengatakan salah satu kegiatan yang dilakukan yakni edukasi tentang sampah, dimana pemahaman tentang sampah itu diawali dari anak sekolah.

"Tadi mereka paham tentang sebetulnya sampah itu harus bagaimana, dalam artian bukan sekedar buang saja, kita menggunakan istilah 3R, Reuse, Reduce, dan Recycle," kata Robert, Selasa (29/3/2022).

Maksudnya kata dia agar mereka memahami bahwa di dunia ini sampah menjadi problematika, terutama di daerah perkotaan, dan itu berdampak kepada efek rumah kaca.

"Oleh karena itu diharapkan dengan adanya kegiatan edukasi seperti ini, dari tingkat anak-anak sekolah bisa memahami dan tentunya ke depan ada terjadi perubahan dari yang tadinya tidak peduli menjadi peduli dan melaksanakan," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan kadangkala orang berpikir sampah itu satu hal yang menjijikkan. Padahal kalau dikelola dengan baik bisa menghasilkan atau peningkatan ekonomi ketika mengolah dan memanfaatkan sampah.

"Sebetulnya banyak sesuatu yang bisa kita buat dari sampah ini, contohnya bricket sampah, tapi hal yang paling sekarang dilaksanakan yaitu mengumpulkan sampah plastik, di jual ulang jadikan uang untuk direcycle," jelasnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: