DPD Copot Fadel Muhammad dari Pimpinan MPR, Mayoritas Anggota Sampaikan Mosi Tidak Percaya

Kiswondari ยท Jumat, 19 Agustus 2022 - 13:21:00 WITA
DPD Copot Fadel Muhammad dari Pimpinan MPR, Mayoritas Anggota Sampaikan Mosi Tidak Percaya
Fadel Muhammad dicopot dari pimpinan MPR oleh DPD (Foto : ist)

JAKARTA, iNews.id - Sidang Paripurna kedua DPD RI Masa Sidang I Tahun Sidang 2022-2023 memutuskan pencopotan Fadel Muhammad dari pimpinan MPR. Mayoritas anggota menyampaikan mosi tidak percaya dan ingin mencopot Fadel Muhammad dari jabatan Wakil Ketua MPR dari unsur DPD RI.

"Dalam Sidang Paripurna ke-13 DPD RI Masa Sidang V Tahun Sidang 2021-2022, diputuskan bahwa mosi tidak percaya akan diteruskan ke Badan Kehormatan dan kelompok DPD RI," kata Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti didampingi Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan B Najamudin, di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

LaNyalla menjelaskan, dalam perkembangannya, mosi tidak percaya yang awalnya ditandatangani 91 anggota DPD RI bertambah menjadi 97 anggota yang membubuhkan tanda tangan. Untuk itu, Paripurna DPD menetapkan penarikan dukungan kepada Fadel sebagai Pimpinan MPR.

"Maka pimpinan DPD RI pada sidang kali ini menyepakati penarikan tersebut. Untuk itu dalam sidang kali ini kita perlu melakukan pemilihan Wakil Ketua MPR utusan DPD RI untuk mengisi kekosongan posisi tersebut," tuturnya.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: