Gelar Rakorwil, Perindo Berharap Olly-Steven Jadikan Sulut Pusat Transit Kapal

Subhan Sabu ยท Selasa, 24 November 2020 - 00:15:00 WITA
Gelar Rakorwil, Perindo Berharap Olly-Steven Jadikan Sulut Pusat Transit Kapal
Cagub petahan Sulut Olly Dondokambey menghadiri Rakowil DPW Partai Perindo. (Foto: iNews/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id - Partai Perindo berharap agar pasangan Cagub-Cawagub petahana Olly Dondokambey dan Steven Kandouw menjadikan Sulut bukan hanya statusnya sebagai hub port, baik dari bandara maupun pelabuhannya.

Dengan lokasinya yang strategis, Sulut diharapkan bisa menjadi pusat transit bersandarnya kapal-kapal asing seperti di Singapura.

Dalam Rakorwil DPW Partai Perindo Sulut dalam rangka konsolidasi pemenangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, Ketua DPW Perindo Sulut Hendrik Kawilarang Luntungan (HKL) mengatakan, Sulut memiliki letak yang sangat strategis seiring konsentrasi pertumbuhan ekonomi dunia yang berada di kawasan Asia Pasifik.

"Sejak Indonesia merdeka sampai sekarang, lalu lintas ekspor impor Indonesia, kita keluar masuk harus melalui pelabuhan Singapura. Menurut data Singapore Port Authority, 60 persen kontainer yang berada di Singapura adalah milik Indonesia, sisanya milik negara-negara seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan negara-negara Asia Tenggara lainnya," kata HKL, Senin (23/11/2020).

Kondisi ini, menurut dia, terjadi karena Singapura memiliki pelabuhan laut yang alami dengan kedalaman laut di atas 18 meter. Hal itu memenuhi syarat-syarat kapal generasi keenam dan ketujuh yang hanya bisa bersandar jika kedalaman laut tersebut di atas 18 meter.

Menurut HKL, Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan Tanjung Perak di Surabayam Jatim hanya 12 meter dan secara geografis letaknya pun tidak strategis.

Editor : Kastolani Marzuki