Gempa Bumi M6,1 di Maluku Utara Dirasakan hingga Manado, Tidak Berpotensi Tsunami  

Cahya Sumirat · Kamis, 03 Juni 2021 - 19:17:00 WITA
Gempa Bumi M6,1 di Maluku Utara Dirasakan hingga Manado, Tidak Berpotensi Tsunami  
Posisi gempa yang dirasakan hingga Manado.(Foto: BMKG)

MANADO, iNews.id - Wilayah Maluku Utara diguncang gempa tektonik, Kamis (3 /6/2021) pukul 18.09.59 WITA. Hasil info pendahuluan BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitude M6,1.
 
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.41 LU dan 126.23 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 134 km arah Barat Kota Ternate, Maluku Utara pada kedalaman 36 km. 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas deformasi batuan di lempeng laut maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah di Ternate III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Labuha dan Manado II - III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). 

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujar Bambang.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2