Kapolda Sulut Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Atasi Masalah Danau Tondano

Cahya Sumirat · Selasa, 30 November 2021 - 20:09:00 WITA
Kapolda Sulut Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Atasi Masalah Danau Tondano
Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno menghadiri kegiatan sarasehan penanganan permasalahan Danau Tondano. (Foto: Humas)

MINAHASA, iNews.id - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno menghadiri kegiatan sarasehan penanganan permasalahan Danau Tondano secara komprehensif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Selasa (30/11/2021). Kapolda mengusulkan dengan melakukan pola kolaborasi penta helix atau multi pihak.

“Jadi pada prinsipnya kami menyarankan untuk dilakukan pola kolaborasi penta helix atau multi pihak, yaitu berkolaborasi dengan pemerintah, media, komunitas, bisnis, dan akademisi,” kata Irjen Pol Mulyatno.

Dicontohkan Irjen Pol Mulyatno, kolaborasi dengan komunitas atau masyarakat.

“Kita bisa memberdayakan dan menggerakkan masyarakat, supaya kita sama-sama untuk membangun Danau Tondano ini, dari yang memiliki beberapa permasalahan, menjadi berkah,” ujarnya.

Contoh lain, lanjut Irjen Pol Mulyatno, perlu adanya koordinasi dengan pelaku usaha, salah satunya secara industrial, juga melibatkan media untuk berperan dalam marketing system.

“Karena Danau Tondano ini sangat potensial. Kemudian kata kuncinya adalah political will, kebijakan pemerintah, dukungan anggaran, dan dukungan semua pihak,” ucap Irjen Pol Mulyatno.

Kegiatan sarasehan diinisiasi Kodam XIII/Merdeka, bertempat di Pendopo Benteng Moraya, Tondano, Kabupaten Minahasa.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: