Kelapa dan Turunannya Jadi Primadona Komoditas Ekspor Sulut

Antara · Rabu, 15 September 2021 - 09:08:00 WITA
Kelapa dan Turunannya Jadi Primadona Komoditas Ekspor Sulut
Komoditas kelapa dan turunannya menjadi primadoan ekspor Sulut. (Foto: Antara) 

MANADO, iNews.id - Data Kementerian Pertanian yang tercatat pada sistem IQFAST di Karantina Pertanian Manado menyebutkan kelapa dan produk turunannya menjadi produk pertanian unggulan ekspor asal Sulawesi Utara. Negara tujuan ekspor juga semakin banyak jumlahnya.

"Produk turunan tersebut seperti kopra, bungkil kelapa, minyak kelapa, kelapa parut, santan kelapa, air kelapa, serabut kelapa dan cocopeat," kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksyadayan Saragih di Manado, Selasa (14/9/2021).

Selain kelapa,  komoditas pala dan turunannya berupa pala biji, bunga pala (fully), kulit/cangkang pala, daging pala, dan pala bubuk .

Negara tujuan ekspor yakni, India, Cina, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Australia, Selandia Baru, Polandia, Turki, Russia, Hong Kong, Itali, Jepang, Irak, Prancis, Inggris, Korea Selatan, Vietnam, dan Thailand.

Donni menambahkan, data fasilitasi ekspor komoditas pertanian di wilayah kerjanya meningkat sebesar Rp3,9 triliun pada semester I-2021 dibandingkan periode sama tahun lalu.

Tercatat juga, dalam satu tahun terakhir ini sudah bertambah sekira 55 produk ekspor baru dan bertambah 16 eksportir baru dari Sulut.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2