Kemendagri Ingatkan Pemerintah Daerah Waspadai Potensi Lonjakan Covid-19

Muhammad Refi Sandi · Selasa, 10 Mei 2022 - 10:31:00 WITA
Kemendagri Ingatkan Pemerintah Daerah Waspadai Potensi Lonjakan Covid-19
Kemendagri meminta pemda mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19 usai Idulfitri. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Libur panjang Lebaran telah usai. Pemerintah daerah (pemda) diingatkan untuk mewaspadai potensi lonjakan kasus Covid-19 usai Idulfitri.

Apalagi Lebaran tahun ini melibatkan interaksi masyarakat yang sangat tinggi baik di kampung halaman maupun tempat wisata.

Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal menyebut kasus Covid-19 terpantau stabil hingga satu pekan setelah Lebaran. Namun dia menegaskan potensi lonjakan masih ada karena masa inkubasi mencapai 14 hari.

“Sesuai arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kami minta kepada seluruh pemerintah daerah terus waspada dan tetap berkonsentrasi untuk mengantisipasi segala kemungkinan, dengan selalu memperkuat testing, tracing dan treatment dalam pola penanganan pandemi," ujar Safrizal, Selasa (10/5/2022).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa Bali dan Luar Jawa Bali hingga 23 Mei 2022 mendatang. Hal tersebut tertuang melalui Inmendagri Nomor 24 Tahun 2022 dan Inmendagri Nomor 25 Tahun 2022.

Safrizal mengatakan penambahan kasus aktif Covid-19 usai libur Lebaran 2022 masih dalam kondisi landai. Hal itu ditandai dengan tidak adanya lonjakan kasus secara eksponensial. 

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: