Komplotan Curanmor di Minahasa Tak Berkutik saat Dibekuk Satgassus Maleo Polda Sulut

Arther Loupatty · Kamis, 23 September 2021 - 16:17:00 WITA
Komplotan Curanmor di Minahasa Tak Berkutik saat Dibekuk Satgassus Maleo Polda Sulut
Komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor  di Lemoh, Tombariri Timur, Minahasa ditangkap Satgassus Maleo Polda Sulut. (Foto: Humas)

MINAHASA, iNews.id - Komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), di Lemoh, Tombariri Timur, Minahasa dibekuk Satgassus Maleo Polda Sulut, Rabu (22/09/2021). Komplotan tersebut terdiri dari enam pelaku pria yang terbilang berusia muda.

“Hasil interogasi awal, keenamnya mengaku sudah sekitar enam kali mencuri sepeda motor di beberapa wilayah di Sulut, dan kendaraan hasil curian tersebut sudah dijual,” ujar Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast, Kamis (23/09/2021), di Mapolda.

Kombes Pol Jules Abraham Abast mengatakan, saat pemeriksaan ditemukan plat nomor sepeda motor di dalam mobil tersebut.

Pelakunya masing-maisng MAG (24) dan FP (16) warga Malalayang Manado, kemudian FS (20), JCL (19), dan LSI (17) warga Pineleng Minahasa, serta EL (17) warga Wanea Manado. 

Kata dia, awalnya, warga sekitar curiga terhadap keenam pelaku saat berada di dalam sebuah mobil yang terparkir di pinggir jalan Desa Lemoh. Lalu dilaporkan ke Polsek Tombariri dan Satgassus Maleo.

Informasi diperoleh, salah satu TKP curanmor yaitu di wilayah Amurang, Minahasa Selatan, dan telah dilaporkan oleh korban di Polsek setempat.

Kemudian dalam pengembangan pada Rabu (22/09), Satgassus Maleo menemukan tiga unit sepeda motor hasil curian, di wilayah Tombatu Minahasa Tenggara. Yakni, Yamaha Mio M3 dan Yamaha Nmax warna merah, serta Honda Vario warna oranye.

“Sedangkan tiga barang bukti sepeda motor lainnya masih dalam pencarian petugas,” ucap Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Menurut Kabid Humas, keenam pelaku beserta barang bukti sudah diamankan dan diserahkan ke Polsek Amurang untuk diperiksa lebih lanjut.

Kombes Pol Jules Abraham Abast mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan saat memarkirkan kendaraan, di antaranya dengan parkir di tempat yang aman dan gunakan kunci pengaman ganda, demi mencegah terjadinya curanmor.

“Masyarakat juga diimbau tidak mudah tergiur jika ada orang lain yang menjual kendaraan dengan harga murah apalagi tanpa dilengkapi surat-surat. Karena tidak menutup kemungkinan kendaraan tersebut adalah hasil tindak kejahatan,” tutur Kombes Pol Jules Abraham Abast.

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: