Longsor dan Pohon Tumbang Tutup Akses ke Bolmong dan Bolsel

Sindonews, Cahya Sumirat ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 17:34 WIB
Longsor dan Pohon Tumbang Tutup Akses ke Bolmong dan Bolsel
Longsor yang menutupi akses jalan di beberapa tempat di Bolmong dan Bolsel, Sulawesi Utara, Rabu (29/7/2020). (Foto/Ist)

BOLMONG, iNews.id - Hujan deras kembali mengguyur wilayah Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara, Rabu (29/7/2020). Akibatnya terjadi banjir dan longsor di sejumlah titik.

Kondisi ini menyulitkan akses menuju kedua daerah tersebut. Selain longsor juga diperparah dengan beberapa pohon tumbang di jalan raya.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong Abdul Muin Paputungan mengatakan, saat ini jalur Matali Baru-Torosik (Tonsile) yang merupakan akses penghubung antara kedua daerah belum bisa dilalui. Ada longsoran tanah dan pohon tumbang di beberapa titik.

"Iya susah dilewati kendaraan karena banyak terjadi longsor dan pohon tumbang," ujarnya, Rabu (28/7/2020).

Sementara itu, informasi dari berbagai group WA, akses dari Adow menuju Matali Baru untuk sementara ditutup karena longsoran dan derasnya lumpur yang melewati jalan cukup berbahaya. Karena itu, masyarakat disarankan agar jangan dulu berusaha masuk atau melintas di ruas jalan tersebut.

Saat ini, jalur satu-satunya yang bisa dilewati untuk masuk ke Bolsel juga sudah tertutup longsor. Sementara akses alternatif lainnya sedang diperbaiki dengan pembuatan jalan darurat. Salah satunya jembatan di Desa Kosio, Bolmong.


Editor : Donald Karouw