Pemkab Gorontalo Utara Pastikan Pulau Saronde dan Mohinggito Sudah Dikelola Investor

Antara · Rabu, 15 Juni 2022 - 09:50:00 WITA
Pemkab Gorontalo Utara Pastikan Pulau Saronde dan Mohinggito Sudah Dikelola Investor
Keindahan pantai Pulau Mohinggito di Kecamatan Ponelo Kepulauan Kabupaten Gorontalo Utara yang mulai banyak dikunjungi wisatawan. (Foto: Antara)

GORONTALO, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, memastikan dua pulau di daerah itu telah dikelola pihak investor. Investor tersebut berasal dari Jerman dan lokal.

"Dua pulau kita yaitu Pulau Saronde dan Mohinggito secara resmi telah dikelola pihak investor. Untuk Pulau Saronde dikelola investor dari Jerman sedangkan Pulau Mohinggito dikelola investor lokal," kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Gorontalo Utara, Marzuki Tome, Selasa (14/6/2022).

Khusus kerja sama pengelolaan Pulau Saronde telah diatur dalam perjanjian kerja sama (PKS). Sementara dengan pihak pengelola Pulau Mohinggito sementara dalam penyusunan PKS sambil menunggu pelantikan bupati definitif.

"Namun pemkab dan pihak investor telah bersepakat dalam kegiatan investasi melalui kesepahaman (MoU) untuk pengelolaan Pulau Mohinggito," katanya.

Program investasi di sektor pariwisata yang ada di daerah itu, diyakini akan membuka peluang sumber penerimaan baru bagi daerah.

Dampaknya pun kata Marzuki, diantaranya adalah terbuka lapangan pekerjaan baru. Apalagi dalam perjanjian kerja sama, pemkab mewajibkan pihak investor untuk memberi peluang lebih besar bagi sumber daya manusia (SDM) lokal di daerah ini menjadi pekerja.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: