Pemprov Gorontalo Antisipasi Kekurangan Pasokan Oksigen di Rumah Sakit 

Antara · Jumat, 09 Juli 2021 - 09:05:00 WITA
Pemprov Gorontalo Antisipasi Kekurangan Pasokan Oksigen di Rumah Sakit 
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau ketersediaan tabung oksigen di Stasiun Pengisian PT Aneka Gas Industri (AGI) di Desa Haya Haya Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Kamis (8/7/2021). (Foto: Antara/Kominfo)

GORONTALO, iNews.id - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengecek ketersediaan tabung oksigen di Stasiun Pengisian PT Aneka Gas Industri Tbk (AGI). Pengecekan ini dilakukan mengantisipasi kekurangan pasokan oksigen di rumah sakit.

Rusli melakukan koordinasi bersama pihak perusahaan yang berlokasi di Desa Haya Haya Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Kamis (8/7/2021).

PT AGI merupakan perusahaan pengisian ulang oksigen yang beroperasi di Gorontalo serta menyuplai kebutuhan oksigen untuk kepentingan medis dan industri di daerah.

"Seandainya terjadi lonjakan Covid dan rumah sakit butuh oksigen lima kali lipat misalnya, kami harus ngecek pihak perusahaan sanggup atau tidak," kata Rusli.

Menurutnya langkah antisipasi harus dilakukan, mengingat kurangnya oksigen di beberapa kota di Pulau Jawa akibat melonjaknya kasus Covid-19.

“Pemerintah tugasnya mengantisipasi semua kemungkinan, sampai yang terburuk. Kuncinya ada di masyarakat yang taat protokol kesehatan. Tetap gunakan masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan jangan lupa berdoa,” ucapnya.

Gubernur juga meminta pihak RSUD Ainun Habibie sebagai salah satu RS rujukan Covid-19, untuk membeli dan menyediakan cadangan oksigen.

Kepala Stasiun Pengisian PT AGI Cabang Gorontalo Destavana Brahmanto mengatakan permintaan tertinggi oksigen di daerah itu terjadi pada bulan Januari 2021, yakni sebanyak 5.718 botol atau jika dikonversi menjadi 34.305 meter kubik.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: