Pesona Keindahan Taman Hutan Raya Gunung Tumpa HV Worang, Surga Cinta dari Utara

Subhan Sabu · Sabtu, 18 September 2021 - 16:59:00 WITA
Pesona Keindahan Taman Hutan Raya Gunung Tumpa HV Worang, Surga Cinta dari Utara
Pemandangan indah dari Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa Hein Victor Worang (HV Worang). (Foto: MPI/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id - Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa Hein Victor Worang (HV Worang) merupakan kawasan konservasi hutan lindung yang berada di Kelurahan Tongkaina, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Sulawesi Utara. Tempat ini merupakan salah satu wisata alam yang ada Bumi Nyiur Melambai.

Masuk ke Tahura kita akan melewati spot-spot menarik. Selain hutan raya, pengunjung dapat menyaksikan hamparan luas laut Sulawesi serta pulau-pulau yang sudah sangat terkenal sampai di mancanegara. Seperti Pulau Manado Tua, Bunaken, Siladen, Nain dan Pulau Lihaga yang terlihat sangat indah. Orang menjuluki tempat ini sebagai 'Surga Cinta dari Utara' karena pemandangannya yang tiada tara.

Diketahui, Kawasan pelestarian alam ini dikelola Dinas Kehutanan Provinsi Sulut. Lokasinya terbentang di perbukitan Tongkaina 700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Vegetasi hutan berupa pepohonan tropis, nyiur, semak perdu membentuk tutupan kanopi hijau yang indah. 

Di dalam kawasan konservasi hutan lindung ini terdapat Taman HV Worang yang merupakan Gubernur Sulut ke-5 periode 1967-1978 dan juga Wali Kota Manado ke-13 dengan masa jabatan 31 Januari 1975-23 Agustus 1975. Terdapat patung HV Worang dan lukisan di dinding yang menggambarkan kisah perjuangannya.

Di kawasan ini juga masih terdapat babi hutan, tarsius, monyet, aneka burung, ular, soa-soa atau biawak dan hewan hutan lainnya. 

"Masih ada hewan yang dilindungi di dalam tahura ini seperti rusa, tarsius. Tapi hanya pada jam-jam tertentu mereka menampakkan diri," kata SB Moray, Polisi Hutan kawasan Tahura, Sabtu (18/9/2021).

Wilayah konservasi hutan lindung ini selain memiliki pemandangan sangat indah juga terdapat beberapa fasilitas yang disiapkan pemerintah untuk spot berfoto dan sepeda layang.

Terdapat juga spot olahraga ekstrem, Paralayang yang merupakan lokasi sport tourism paralayang. Tercatat beberapa iven paragliding pernah diadakan di tempat ini seperti Internasional Paragliding Accuracy World Cup dan Paragliding International Accuracy Open Flying Manado Fiesta 2018.

Dengan ketinggian sekitar 350 mdpl, pengunjung bisa melihat bentangan luas laut Sulawesi dengan pulau-pulaunya yang sangat indah, seperti Pulau Manado Tua, Bunaken, Siladen, bahkan sampai dengan Pulau Lihaga di Minahasa Utara. Belum lagi panorama Kota Manado dari ketinggian yang semuanya tentu akan terasa lebih indah dinikmati di atas paralayang.

Karakteristik Gunung Tumpa yang merupakan salah satu flying side yang ada di Sulut tergolong cukup sulit karena berada di cerukan berbentuk loyang dengan thermal atau panas bumi yang kuat. Selain itu juga terdapat venturi-venturi kecil karena terdiri atas beberapa bukit-bukit sehingga untuk melakukan landing, setiap pilot akan mengalami cukup kesulitan.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: