Pesona Keindahan Taman Hutan Raya Gunung Tumpa HV Worang, Surga Cinta dari Utara

Subhan Sabu ยท Sabtu, 18 September 2021 - 16:59:00 WITA
Pesona Keindahan Taman Hutan Raya Gunung Tumpa HV Worang, Surga Cinta dari Utara
Pemandangan indah dari Taman Hutan Raya (Tahura) Gunung Tumpa Hein Victor Worang (HV Worang). (Foto: MPI/Subhan Sabu)

"Perlu mengenal betul karakter Gunung Tumpa bagi pilot yang baru pertama kali terbang di sini. Pilot-pilot dunia pun mengakui flying side di Gunung Tumpa ini cukup sulit sehingga harus banyak latihan untuk mengenal karakter Gunung Tumpa," kata Pilot Paralayang senior asal Sulut Herry Inyo Rumondor beberapa waktu lalu.

Justru dengan karakter seperti itu menurut Inyo, menjadi tantangan tersendiri bagi para pilot sehingga menjadi daya tarik di samping pemandangan indah sehingga sekaligus olahraga dan pariwisata bisa dilakukan di Gunung Tumpa.

Namun meski tergolong ekstrem, Gunung Tumpa cukup aman untuk pilot pemula karena mempunyai dua tempat landing. Apabila tidak bisa sampai di bawah, bisa melakukan landing di bagian atas. Selain itu juga, flying side Gunung Tumpa sudah memenuhi syarat dari FASI dan FAI.

Untuk sampai ketempat ini sekira satu jam dari pusat Kota Manado ke arah Kecamatan Bunaken melewati jalan raya Bailang-Tongkeina dengan jarak tempuh sekira 12 kilometer. Menuju ke lokasi Hutan Raya Gunung Tumpa masih harus melewati jalan menanjak sekira 2 kilometer, namun jangan khawatir, jalannya sudah mulus beraspal.

Sebelum masuk ke lokasi hutan lindung, wajib melapor dulu ke pos jaga. Menuliskan nama di buku tamu dan membayar tiket masuk Rp5.000 per orang dan Rp5.000 jika membawa kendaraan roda dua. Sementara untuk roda empat membayar Rp10.000 sesuai dengan peraturan daerah.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: