Profil dan Biodata Jeane Mandagi, Polwan Pertama di Indonesia Berpangkat Jenderal

Donald Karouw, Dominique Hilvy Febriani ยท Sabtu, 27 Agustus 2022 - 16:25:00 WITA
Profil dan Biodata Jeane Mandagi, Polwan Pertama di Indonesia Berpangkat Jenderal
Brigjen Pol Jeane Mandagi, polwan pertama di Indonesia yang menjabat sebagai jenderal. (Foto : Ist)

MANADO, iNews.id - Tinggal hitungan hari polisi wanita (Polwan) akan merayakan hari jadinya yang ke-74 tahun pada 1 September mendatang. Polwan telah menunjukan eksistensi dengan memegang sejumlah jabatan dan mengisi posisi strategis.

Saat ini sudah ada banyak Polwan yang menyandang pangkat jenderal polisi. Namun bila dirunut secara historis, polwan pertama di Indonesia yang menyandang pangkat jenderal yakni Brigjen Pol (Purn) Jeanne Mandagi.

Srikandi asal Sulawesi Utara ini lahir di Manado pada 2 April 1937. Jeane tutup usia di Jakarta pada 7 April 2017.

Berdasarkan catatan, Jeanne Mandagi pertama kali diangkat menjadi anggota polwan pada 1 Desember 1965. Dalam kariernya di Polri, dia pernah dipercaya mengemban tugas sebagai Kadiv Humas Polri ke-6 pada 1989-1992 atau selama kurang lebih tiga tahun.

Dia juga dikenal sebagai perintis pemberantasan narkoba dan mendirikan Yayasan Permadi Siwi, pusat rehabilitasi pecandu narkotika.

Jeane menempuh pendidikan dasar dan menengah pertama di Manado sebelum melanjutkan ke SMA Santa Ursula di Jakarta. Dari SMA, Jeanne melanjutkan pendidikannya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Semasa kuliah itulah Jeanne mengasah keterampilan berorganisasi dengan menjadi anggota aktif Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). Gelar sarjana hukum diperolehnya tahun 1963.

Editor : Donald Karouw

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: