Program Langit Biru Pertamina Diperluas Ke-15 Daerah di Sulut dan Gorontalo

Subhan Sabu · Senin, 15 November 2021 - 14:02:00 WITA
Program Langit Biru Pertamina Diperluas Ke-15 Daerah di Sulut dan Gorontalo
Kebijakan program langit biru sekaligus untuk mengedukasi masyarakat menggunakan BBM berkualitas.(Foto: MP/Subhan Sabu)

MANADO, iNews.id -  Pertamina menghadirkan  program langit biru (PLB) hingga ke-15 kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo. Program nasional ini dilakukan secara serentak.

Program ini melanjutkan kesuksesan PLB Pertamina sebelumnya yang telah selesai dilaksanakan di Kota Manado, Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo.

Program ini dinilai berhasil oleh publik sebagai bentuk upaya pengurangan polusi di sektor transportasi darat dan pemakaian bahan bakar yang baik untuk kesehatan melalui penggunaan BBM berkualitas minimal RON 90 yakni produk Pertalite. 

Area Manager Comm, Rel & CSR Patra Niaga Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali mengatakan PLB Pertamina merupakan program yang dilaksanakan sesuai dengan  amanat Pemerintah untuk mengendalikan pencemaran udara sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

"Terutama yang bersumber dari kendaraan dengan tujuan meningkatkan kualitas udara yang lebih bersih dengan mengurangi emisi gas buang kendaraan melalui edukasi dan promosi untuk mengajak masyarakat merasakan manfaat dan pengalaman dalam menggunakan BBM berkualitas dengan oktan tinggi dan ramah lingkungan," kata Laode, Senin (15/11/2021).

Hal ini juga kata Laode sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan Republik Indonesia nomor P.20/MenLHK/Setjen/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Standard Euro 4 yang dilaksanakan dalam rangka mendukung penurunan emisi karbon dan dmengurangi polusi udara. 

Editor : Cahya Sumirat

Bagikan Artikel: