Satgas Covid-19 Khawatirkan Lonjakan Kasus usai Libur Sekolah di Sulut

Antara ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 16:45:00 WITA
Satgas Covid-19 Khawatirkan Lonjakan Kasus usai Libur Sekolah di Sulut
Petugas kesehatan sedang memvaksin warga di Manado, Sulawesi Utara untuk menekan angka penularan Covid-19. (Foto: Antara)

MANADO, iNews.id - Satgas Penanganan Covid-19 Sulawesi Utara (Sulut) mengkhawatirkan akan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 usai libur sekolah. Libur sekolah sudah berjalan hingga Juli 2022.

"Sekarang kondisinya berada pada situasi libur panjang anak sekolah, mobilitas penduduk tinggi. Keluarga, anak-anak dan orang tua berlibur," kata Mery B Pasorong dari Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, Kamis (23/6/2022).

Dari evaluasi-evaluasi sebelumnya, kata dia, setiap liburan apakah Natal, Idulfitri ataupun liburan sekolah, selalu berkontribusi terhadap kecenderungan peningkatan kasus Covid-19.

"Di bulan Juli 2022 usai libur sekolah kita akan lihat bagaimana kecenderungannya, apakah terjadi penambahan signifikan atau tidak," ujarnya.

Upaya-upaya pencegahan saat menghadapi musim liburan ini, menurut dia, berulang-ulang disampaikan kepada masyarakat.

Pertama yang harus dilakukan adalah patuh menerapkan protokol kesehatan, tetap menjaga imunitas, bahkan lakukan vaksinasi.

Editor : Cahya Sumirat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: